Selasa, 28 September 2010

Cara memasang badge (status) facebook di blogspot


Sudah mendaftar di Facebook? Sudah sering menulis atau memberikan update status di Facebook? Sudah punya blog? Dan Memakai platform blogspot? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang cara pemasangan badge/lencana/status Facebook di blogspot. Badge kalau di dalam Facebook yang menggunakan bahasa Indonesia diartikan sebagai lencana Facebook. Jika masih belum tahu apa itu badge/lencana Facebook, silahkan melihat di sidebar blog saya ini. Disitu ada Facebook Badge bukan? Semacam itulah yang dinamakanbadge/lencana Facebook.

Dengan 
memasang badge Facebook di blogspot, maka setiap kali kita mengupdate status di Facebook setiap kali itu juga status Facebook tersebut akan ditampilkan di badge tersebut. Cukup menarik bagi yang sudah ketagihan dengan Facebook dan sudah memiliki blog. Tujuannya apasih? Mungkin tujuan yang paling narsis adalah mempopulerkan diri kita sendiri...hehe... :)

Badge/lencana Facebook tersebut sebenarnya merupakan sebuah kode script javascript, jadi intinya kita hanya mengambil kode yang telah disediakan oleh Facebook dan langsung memasangnya ke blog kita. OK, daripada muter-muter tidak tentu arah lebih baik langsung saja saya berikan
 tutorial cara pemasangan status/badge/lencana Facebook di blogspot.
Pengambilan kode javascript badge/lencana/status di Facebook (saya asumsikan Facebooknya menggunakan bahasa Inggris):
  • Login ke akun Facebook
  • Pilih menu tab Profil
  • Klik link "Create a Profile Badge" (sebelah kiri paling bawah, dibawah daftar teman/friends)
  • Nah silahkan copy paste kode javascript yang disediakan, dibawah tulisan "Copy and paste the following HTML into your webpage:"
Oia, kita juga bisa melakukan pengeditan terhadap badge kita. Maksudnya adalah kita diberikan opsi apa saja yang ingin ditampilkan di badge Facebook kita. Caranya silahkan klik "Edit this badge". Ada banyak sekali bagian atau opsi yang bisa kita tampilkan ke dalam lencana/badge Facebook kita, silahkan klik "Add Item" untuk melakukan penambahan item yang ingin ditampilkan. Selain itu layout badge juga bisa kita pilih antara horisontal dan vertikal, sebagai contoh badge Facebook saya yang terletak di blog ini adalah layout vertikal.

Jika sudah selesai melakukan pengeditan badge Facebook, jangan lupa klik "Save". Dan silahkan diambil kode javascript badge Facebook yang telah Anda buat.
Pemasangan Badge/Lencana/Status Facebook di Blogspot:
  • Sampai langkah ini berarti Anda sudah mempunyai atau mengambil kode javascript badge Facebook.
  • Silahkan login ke akun blogger Anda.
  • Masuk menu tab Layout --> Page Element
  • Silahkan tambahkan element/widget baru dengan tipe Javascript/HTML
  • Letakkan kode javascript badge Facebook Anda
  • Dan terakhir jangan lupa klik "Save"
Selamat!! Anda telah berhasil...!!! Demikian artikel sederhana tentang cara pemasangan badge/lencana/status Facebook di blogspot, semoga bermanfaat...syaloom..!!!
posted by Beben.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar